Tips Nabung Untuk Beli Rumah Impian

You are currently viewing Tips Nabung Untuk Beli Rumah Impian
Saving money concept preset by Male hand putting money coin stack growing business. Arrange coins into heaps with hands, content about money.

Banyak yang menduga, bahwa tingginya harga hunian dari tahun ke tahun membuat generasi milenial tidak bisa membeli rumah.

Apalagi di usia muda, banyak orang yang kesulitan menerapkan pola dan gaya hidup hemat.

Namun dugaan di atas tidak sepenuhnya benar, karena membeli rumah bukanlah hal mustahil jika memiliki cara menabung yang efektif.

Meskipun harga rumah setiap tahun pasti meningkat, menabung tetap menjadi solusi untuk membeli rumah yang paling baik.

Lalu, bagaimana caranya beli rumah di usia muda? Yuk, simak tips dan cara jitunya berikut ini!

1. Menabung Sejak Awal Bulan Ataupun Gajian

Cara menabung untuk beli rumah pertama yang bisa Anda lakukan yakni menabung saat gajian. Jika sudah menerima gaji, Anda wajib memisahkan sebagian uangnya untuk ditabung. Anda bisa menggunakan skema menabung 20% dari gaji.

2. Buat 2 Rekening Terpisah

Sebelum menabung, pastikan Anda punya dua rekening bank. Hal ini nantinya akan membantu Anda mengontrol pengeluaran secara spesifik dan signifikan. Dua rekening berbeda itu juga akan membantu Anda untuk memisahkan uang untuk tabungan dan juga keperluan harian Anda.

3. Gaya Hidup Hemat 

Jika ingin menabung untuk beli rumah, pastikan Anda bisa menjalani pola hidup hemat. Jangan mudah tergiur oleh promo ataupun diskon. Hal ini tidak bisa Anda sepelekna, biasakan untuk selalu menjalankan pola hidup hemat agar jumlah uang dialokasikan untuk menabung beli rumah segera tercapai.

4. Tetapkan Target Anda dalam Menabung 

Cara menabung untuk beli rumah lainnya yaiitu tetapkan target tabungan Anda. Mulai dari target menabung mingguan, harian, hingga bulanan, harus Anda lakukan secara konsisten. Hal ini tentunya akan membuat Anda memiliki kontrol yang baik dalam mengelola keuangan.

5. Wajib Melunasi Semua Utang

Sebelum menabung untuk beli rumah, ada baiknya Anda melunasinya terlebih dahulu. Karena jika masih memiliki beban hutang, tabungan Anda akan tidak maksimal dan akan terpecah lagi pembagian keuangannya. Pasalnya, jika tidak lagi memiliki beban utang maka proses menabung akan jauh lebih mudah dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan